Pentingnya Peran Kepala Sekolah dalam Memajukan
Perpustakaan Sekolah.
Dunia
Perpustakaan | Dalam sebuah
birokrasi atau struktur apapun yang didalamnya memiliki pimpinan, maka peran
dari seorang pemimpin sangatlah penting. Perpustakaan Sekolah sebagai bagian
terpenting dari sekolah untuk menopang Sumber Daya Manusia (SDM) para siswa,
guru, dan karyawan juga sangat membutuhkan peran penting dari Kepala Sekolah.
Begitu
penting peran dari Kepala Sekolah untuk memajukan tidaknya perpustakaan
sekolah, maka tidakberlebihan ketika ada pihak yang menyebut bahwa, untuk
melihat baik tidaknya perpustakaan sekolah cukup lihat saja bagaimana kebijakan
dan sikap dari Kepala Sekolah terhadap keberadaan Perpustakaan Sekolah
tersebut.
Jika
perpustakaan sekolah terlihat baik, memiliki fasilitas yang lengkap, nyaman,
maju, modern, dan banyak siswa yang datang berkunjung ke perpustakaan, maka
selain adanya peran pustakawan, didalamnya pasti ada peran kepala sekolah.
Tidak
mungkin sebuah perpustakaan bisa menjadi baik jika tidak didukung oleh kepala
sekolah, karena semua kebijakan tentunya harus atas persetujuan kepala sekolah.
Begitu juga
sebaliknya, Jika di Perpustakaan Sekolah terlihat buruk, maka hal yang paling
mudah ditebak adalah dikarenakan kepala sekolah yang tidak suport dan mendukung
dengan keberadaan perpustakaan sekolah.
Beberapa
suport yang sangat dibutuhkan dari seorang kepala sekolah dalam mengembangkan
perpustakaan sekolah diantaranya adalah kebijakan dan pendanaan. Dua suport
itulah yang sangat ditunggu dan dibutuhkan oleh pustakawan.
Peran Pustakawan dalam Memajukan Perpustakaan Sekolah
Pustakawan
atau pengelola perpustakaan sekolah di setiap sekolah memiliki peran dan
tanggungjawab yang sama. Tanggung jawab yang dimaksud yaitu bertanggungjawab
atas berjalaya manajemen dan pengelolaan perpustakaan sekolah tersebut.
Setelah
Kepala Sekolah yang memiliki peranan penting dalam memajukan tidaknya
perpustakaan sekolah, Pustakawan adalah faktor penentu kedua setelah kepala
sekolah. Hal ini dikarenakan ketika kepala sekolah sudah memberikan kebijakan
dana yang cukup banyak untuk pengembangan perpustakaan sekolah, maka Pustakawan
juga sangat menentukan apakah perpustakaan sekolah tersebut bisa dikelola
dengan baik atau tidak.
Apa gunanya
dana yang besar tapi pustakawanya tidak memiliki kemampuan SDM yang baik dan
melakukan inovasi-inovasi dalam mengelola dan memajukan perpustakaan sekolah?
Peran Guru dalam Memajukan Perpustakaan Sekolah
Setela
adanya kepala sekolah dan pustakawan yang baik, maka untuk memaksimalkan peraan
dan fungsi perpustakaan sekolah, maka peran guru masih sangat dibutuhkan.
Guru sebagai
pihak yang setiap hari saat proses belajar selalu bertemu dan bertatap langsung
dengan siswa memiliki peran yang sangat strategis. Peran strateris yang
dimaksudkan yaitu terkait dengan peran guru untuk selalu menekankan kepada
siswa untuk rajin membaca dan meminjam buku di perpustakaan sekolah.
Bahkan
sangat dimungkinkan guru bisa membuat program yang mewajibkan siswa-siswinya
untuk meminjam dan membaca buku di perpustakaan sekolah. Misalnya guru bahasa
Indonesia, mereka bisa mewajibkan siswanya dalam seminggu sekali atau dua
minggu sekali mewajibkan siswa-siswinya untuk membuat resensi buku yang
buku-buku yang akan diresensi dipinjam dari koleksi buku yang ada di
perpustakaan sekolah.
Dengan cara
seperti itu, maka ada interaksi dan kerjasama antara Kepala Sekolah,
Pustakawan, dan Guru dalam memajukan perpustakaan sekolah. Kepala sekolah yang
akan membuat kebijakan dan suport pendanaan yang besar, pustakawan yang
memiliki SDM dan inovasi terbaik, serta guru yang selalu berperan terus
menyerukan pentingnya membaca terhadap siswa secara terus menerus sehingga
siswa menjadikan membaca sebagai kebutuhan dan budaya di sekolah.
Namun
sayangnya, apa yang kita harapkan sebagaimana tertulis diatas seringkali tidak
sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Banyak sekali keluhan dari pustakawan
yang ternyata kepala sekolahnya kurang suport khususnya dalam kebijakan dan
penganggaran. Akibatnya keberadaan perpustakaan sekolah tidak berjalan dengan
baik dan justru terlantar.
Ada juga
yang kepala sekolahnya sudah membua kebijakan dan dukungan dana yang besar tapi
pustakawanya kurang memiliki SDM yang baik.
Dan mungkin
persoalan-persoalan lain yang muncul diluar harapan kita. Namun yang pasti,
apapun kondisi yang terjadi dalam persoalan untuk memajukan perpustakaan
sekolah, antara kepala sekolah, pustakawan dan guru harus sesering mungkin
untuk duduk bersama, diskusi bersama untuk memecahkan maslaah-masalah yang
terjadi yang bisa menghambat proses kemajuan perpustakaan sekolah.
Apapun
aalsan dan permasalahanya, keberadaan perpustakaan sekolah mutlak dan wajib
diperlukan untuk menopang SDM para siswa. Bahkan tidak hanya untuk menopang SDM
para siswa saja melainkan SDM para guru dan karyawan juga sangat memerlukan
keberadaan perpustakaan sekolah.
Peran Orang Tua
Selain peran
kepala sekolah, pustakawan dan guru, sebenarnya masih ada peran lain yang
dibutuhkan untuk memajukan perpustakaan sekolah yaitu peran orang tua siswa.
Peran orang tua dalam hal ini yaitu untuk selalu mewajibkan anak-anak mereka
meminjam buku di perpustakaan sekolah untuk dibaca saat di rumah.
Dengan
demikian, maka keberadaan perpustakaan sekolah akan semakin memiliki fungsi dan
peran yang sangat penting dalam proses belajar siswa di sekolah. Jika sudah
tercipta kondisi yang demikian, maka sudah bisa ditebak betapa maju dan
berkembangnya sekolah tersebut. Kalau sudah seperti itu, maka mulai dari pihak
kepala sekolah, pustakawan, guru dan orang tua siswa akan dengan bangga
mengucap bahwa perpustakaan sekolah adalah tempat yang sangat penting dalam
sebuah dunia pendidikan bernama sekolah.
No comments:
Post a Comment