Monday, March 14, 2016

Contoh Resensi Buku Imiah

|Contoh Resensi Buku Imiah|


Sains Menyenangkan

Judul Buku                                  :Sains dan percobaan dari Usborne “Ekologi”
Penulis                                         : Richard Spurgen
Penyunting                                   : Corinne Stockley
Tata Letak                                    : Stephen Wirght
Penasihat Ilmiah                          : Dr. Margareth Rostron
Kameramen Gambar                   : Kuo Kang Chen
                                                      Brin Edwards
                                                      Caroline Ewen
Alih Bahasa                                 : Ervina Yudha Kusumu
Penyunting Bahasa                      : Ir. Rudiyanti , M.A.
Penyunting Ulang Sampul          : B. Waluyo
Kameramen Gambar Ulang         : Rio Kuswanto
Penata Letak Ulang                      : Tyas Ari Handayani, S.Md.
Pengendali Mutu                          : Yuanin Anggraeni, A.Md.
                                                          Evi Janu K, S.S
Pencetak                                         : PT. Intan Sejati
Halaman                                         :II - 48 lembar
Jenis Kertas                                     HVS oil glass
ISBN                                               : 0-7460-0287-4
Cetakan Pertama                             : Tahun 2004
Penerbit                                           : Pakar Raya Pustaka
Tahun Terbit                                    : Tahun 2004
               
                       Sampai saat ini, buku-buku Ensiklopedi untuk SMA/MA yang berkualitas dirasakan masih kurang. Sementara itu, tuntutan terhadap pemahaman prinsip-prinsip ilmu Pengetahuan dan teknologi sangat tinggi. Lebih-lebih perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh ilmu alam / ekologi semakin menantang dan sangat bervariasi dalam aplikasinya.
                Maka menjadi keharusan bagi kalangan siswa maupun siswi  menjadikan buku ini sebagai acuan atau sebagai referensi dalam mengerjakan tugas sekolah atau hanya sekedar untuk menambah pengetahuan. Sehingga dalam belajar yang membutukan gabungan banyak konsep (baik konsep relevan dengan ketermasaan maupun konsep baru) dan pengembangan keterampilan analisis bagi siswa SMA/MA dapat terpenuhi.
               
Ekologi sebagai suatu cabang ilmu dari ilmu biologi tentunya memiliki materi dan pembahasan yang cakupannya sangat luas, buku ini  menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk meraih cita-cita kita dimasa yang akan datang. Pengertian dari ekologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup, cara mereka bekerja sama, dan dunia disekitarnya.
Melihat pentingnya pelajaran Biologi di sekolah,dalam hal ini lebih spesifik tentang ekologi. Penerbit mencoba menghadirkan buku yang dapat menjdi media belajar yang baik bagi kita. Sebuah buku yang akan memandu kita untuk belajar ilmu Ekologi  dengan baik. Sebuah buku yang disusun dan dikembangkan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan pengalaman belajar yang bermanfaat bagi masa depan kita.
Buku ini dikarang oleh Richard Spurgen, pria berkebangsaan Inggris yang lahir di Southamton pada tanggal 18 Juli 1985. Dia telah banyak mengarang dan menerbitkan bukunya, diantaranya The story of heart dan masih banyak lagi. Selain sebagai pengarang dia juga bekerja sebagai seorang dosen ilmu geologi di Universitas Stamford.
Cakupan materi pembelajaran pada buku ini disajikan secara sistematis, komunikatif dan integratif sehingga siswa dapat memahami materi dengan cepat. Kemudian di setiap awal bab dilengkapi gambar pembuka pelajaran, bertujuan memberikan gambaran materi pembelajaran yang akan dibahas, dan mengajarkan kita konsep berpikir kontektual dan logis sekaligus merangsang cara berpikir lebih dalam.
Selain itu, buku ini juga ditata dengat format yang menarik dan didukung dengan foto dan ilustrasi yang reprensentatif. Bahasa digunakan dengan tingkat kematangan emosional kita sehingga kita lebih mudah memahami konsep materinya.
                Pada buku ini cakupan materi pembelajaran disajikan secara sistematis, komunikatif, dan integratif. Buku juga dilengkapi dengan komponen-komponen pelengkap, seperti gambar, praktik, penelitian dan juga animasi yang penuh warna. Sehingga pembaca atau pengguna buku ini juga akan lebih memahami materi pembelajaran tersebut. Kemudian di setiap awal buku dilengkapi gambar pembuka pelajaran, bertujuan memberikan gambaran materi pembelajaran yang akan dibahas, dan mengajarkan kita konsep berpikir kontektual dan logis sekaligus merangsang cara berpikir lebih dalam.
                Buku ini tidak menghadirkan secara mendetail tentang materi yang disampaikan, hanya membahas beberapa hal mengenai topik yang dibicarakan, sehingga buku ini kurang lengkap dan lebih cenderung kita membutuhkan referensi lain untuk lebih memahami suatu materi.
                Selain itu, buku ini juga mengandung banyak sekali istilah – istilah dalam dunia Biologi yang penjelasannya mengenai arti kata itu masih kurang, sehingga buku ini cukup sulit dimengerti bagi para pemula.
                Sebaiknya buku ini lebih menambah pendalaman materi dari setiap sub yang dibahas, agar pembaca menjadi lebih mengerti memahami materi atau hal yang disampaikan dalam buku ini. Selain itu, menurut saya buku ini tidak cocok di edarkan untuk sekolah tingkat SD/Sederajat dan SMP/Sederajat karena di dalamnya banyak sekali terdapat bahasa Latin yang arti atau penjelasannya kurang lengkap.

No comments:

Post a Comment